Terimakasih atas kunjunganya di blog saya semoga berguna bagi kalian yang datang ke blog saya BY Admin: Zumli Nurwansyah, Khaerul ilham, Aji

Saturday 13 May 2017

Tugas pendahuluan X (Pointer)


1.      Jelaskan yang dimaksud dengan pointer!

Pointer adalah suatu variabel penunjuk, berisi nilai yang menunjuk alamat suatu lokasi memori tertentu. Jadi pointer tidak berisi nilai data, melainkan berisi suatu alamat memori. Lokasi memori tersebut bisa diwakili sebuah variabel atau juga berupa alamat memori secara langsung.

2.      Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis pointer!

Operator Dereference Operator ini biasa disebut dengan “address of” atau operator alamat. Dengan menggunakan operator dereference ini, suatu variable akan menghasilkan/menampilkan alamat lokasi memori.

Operator Reference atau biasa disebut dengan “value pointed by”. Bedanya dengan Operator Dereference, operator ini akan menampilkan nilai yang terdapat dalam suatu alamat memori, bukan menampilkan alamat memorinya.

3.      Sebagai programmer, kapan anda menggunakan pointer!

Saat memindahkan data atau transfer data dari satu fungsi ke fungsi yang lain dengan hanya mengirim addresnya saja sehingga fungsi yang lain dapat menuju ke address untuk mendapatkan niai dari datanya


4.      Buatlah contoh algoritma dan program sederhana menggunakan pointer dengan memakai flowchart!

Program:

#include <iostream>
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
using namespace std;
main ()
{
 int a,*Pa;
 Pa=&a;
 *Pa=200;

 cout<<*Pa<<" ";
 (*Pa)++;
 cout<<*Pa<<" ";
 (*Pa)--;
 cout<<*Pa<<"\n";

 getche();
}

Output:


Flowchart contoh:


1 comment: