Terimakasih atas kunjunganya di blog saya semoga berguna bagi kalian yang datang ke blog saya BY Admin: Zumli Nurwansyah, Khaerul ilham, Aji

Monday 2 June 2014

Tutorial efek sketch dengan photoshop


Kali ini saya akan share teknik untuk menciptakan efek sketch sebagian pada sebuah foto. Teknik yang digunakan bisa bermacam-macam, tergantung kreatifitas anda. Namun pada tutorial kali ini saya akan share teknik yang sederhana saja. Langsung saja buka gambar yang akan diedit menggunakan Photoshop CS3 bila agan-agan ingin menggunakan CS 5 atau 6 juga bisa.



Pilih Rectangular Marquee Tool (Shortcut menggunakan tombol M pada keyboard) dan seleksi bagian yang akan dirubah menjadi sketch (Gbr. 1)


Gbr. 1

Setelah itu duplikat bagian yang telah diseleksi tadi ( Ctrl + J) sehingga muncul layer baru (Layer 1) seperti pada contoh Gbr.2



Gbr.2

Setelah itu rubah Layer 1 menjadi hitam putih  (Ctrl + Shift + U) sehingga hasilnya seperti pada contoh berikut ini (Gbr. 3)



Gbr. 3

Setelah itu duplikat lagi Layer 1 (Ctrl + J) sehingga muncul layer baru (Layer 1 Copy) seperti pada contoh berikut (Gbr. 4)



Gbr. 4


Lalu invert Layer 1 Copy (Ctrl + I) sehingga gambar Layer 1 Copy berubah seperti negative film (Gbr. 5)


Gbr. 5

Setelah itu ubah Layer Style untuk Layer 1 Copy menjadi Color Dodge sehingga hasilnya kurang lebih seperti Gbr. 6


Gbr. 6

Lalu pada tab menu pilih Filter>Blur>Gaussian Blur. Pada window yang muncul, atur slidernya sehingga anda mendapatkan gambar sketch kurang lebih seperti Gbr. 7


Gbr. 7

Setelah itu klik OK. Lalu kita akan menyatukan (merge) Layer 1 Copy dengan Layer 1 (Ctrl + E) sehingga didapatkan hasil kurang lebih seperti Gbr. 8



Gbr. 8

Setelah itu klik kanan Layer 1 dan pilih Blending Options. Lalu pada window yang muncul, centang Drop Shadow untuk memberikan efek kedalaman. Atur Distance sesuai selera anda. Lalu anda bisa menambah kan sebuah gambar pensil kedalamnya untuk memberi kesan seolah-olah gambar sketch tadi baru selesai digambar menggunakan pensil (Gbr. 9)



Gbr. 9


Nah akhirnya pekerjaan kita sudah selesai. Anda bisa men save gambar anda sesuai format yang anda inginkan. Kalau anda kreatif, anda bisa menambahkan editan anda supaya kelihatan lebih bagus lagi hasilnya. Selamat mencoba.


Ini hasil editan saya maaf kalo jelek saya newbie ^_^


 

No comments:

Post a Comment